20150120

Webtoon – Manga nya Korea Selatan

Kali ini gue datang membawa topik yang rada seger *grin*

Webtoon alias Internet comic adalah manganya Korea Selatan yang dapat dinikmati secara online dan dipublish setiap minggu dalam bentuk chapter. Webtoon pertama kali muncul di Korea Selatan tahun 2003, dan Naver Comic kayaknya yang paling top ngeluarin webtoon-webtoon populer. Beberapa webtoon bahkan sudah diadaptasi ke berbagai versi, dan disebut-sebut di berbagai film. Kenapa tiba2 gue bahas webtoon? Karena mungkin ada yang pengen tau, dan karena udah setengah tahun terakhir ini gue rajin baca webtoon tiap waktu senggang. Selain itu juga karena minggu lalu, waktu lagi baca webtoon favorite, seorang temen yang ngeliat tiba-tiba nanya, “Oh webtoon? Ada yang dijadiin drama kan?” sementara gue Cuma planga-plongo polos. (Baru tau ternyata maksudnya dr. Frost hihi)

Sebenernya pertama kali ngeh sama istilah webtoon itu setelah nonton film Killer Toon (bisa baca reviewnya disini ^^) akhir Desember 2013 lalu. Kemudian nonton Kdrama Flower Boy Next Door yang salah satu tokohnya berprofesi sebagai webtoon artist dan baru tau kalo aslinya drama itu diadaptasi dari webtoon juga. Puncak rasa penasaran pun datang setelah nonton drama Gap Dong, karena Kim Jiwon, aktris favorite guee *info penting*, meranin tokoh sebagai webtoon artist. Passs, setelah nonton episode terakhir, napas bentar, gue pun langsung beranjak ke google dan search “webtoon” andd jeng jeng jeng!

Buat temen-temen yang juga penasaran gimana sensasinya baca webtoon, ternyata gak perlu belajar bahasa korea dulu, karena webtoon udah ada yang versi bahasa inggris. Salah satunya (dan yang satu-satunya gue baca) adalah LINE webtoon. Tau kan, LINE itu dari Naver? Nah, jadi kita bisa baca webtoon top nya Naver macem Noblesse, Tower of God, God of High School dan lain-lain ^^ 
LINE Webtoon

Dan kabar gembira untuk kita semua *apa -.-* yang males baca bahasa inggris mungkin perlu bersabar sedikit karena Line Webtoon lagi nyiapin versi berbagai bahasa yang sekarang masih dalam bentuk beta tester. Sebenernya gue salah satu beta testernya sih, tapi rada males, abis berat situsnya hehehe
Webtoon favorite gue?
Kayaknya rada beda deh sama list popular nya. Soalnya gue gak minat baca judul-judul webtoon yang udah disebutkan diatas, malah rajin mampir di jadwal rilis tiap minggunya webtoon Distant Sky (Most fav! ^^), Dead Days, Untouchable dan sekarang ngikutin Dr. Frost yang baru dirilis di Line Webtoon.
Sooo, thats all! ^^
Semoga nambah informasi dan hobby yaa~

God Bless all readers!

Denia

1 comment:

  1. Sis... tau website webtoon yg veri korea ??? Cari2 gak ktmu

    ReplyDelete